10 Poin Ini Bantu Kamu Untuk Berubah, Siap ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Kodak. Kodak. Kodak. Ingat gak ini apa? Iya. Merk kamera. Kita sering lihat iklannya dulu di televisi, Di papan baliho, plang toko-toko elektronik. Iya kan ?. Tapi ingat nasibnya gak?  Perusahaan fotografi itu punya cerita sukses masa lalu yang akhirnya bangkrut di telan kemajuan teknologi. Kodak gak bisa adaptasi dengan fitur baru. Pailit!

2. Fuji. Fuji. Fuji Apa kamu masih ingat Fuji Film? Wah Dulu terkenal sekali! Hampir kita temukan toko berwarna hijau ber-merk _Fuji Image Plaza._ Kita taunya itu tempat cetak foto. Berapa banyak orang dulu nyetak kesana? Termasuk mama papa, sanak family. Untung besar mereka !

3. Cuma dimana ada kemajuan teknologi pasti juga akan ubah perilaku konsumen. As we know, Nowadays! Foto sekarang udah bisa  digital. Di print sendiri. Mandiri. Bisa!

4. Slow but sure, Fuji tutup satu per satu di indonesia. Apa mereka bangrut total ? Enggak! Fuji beda dengan Kodak. They can did it! Mereka survive. They Transform Themselves!

5. Berkat penelitian yang mereka lakukan. Dari  Jepang, Fuji bisa jadi pemasok utama perusahaan2 kosmetik dunia. Mereka survive. Sukses ! They Transform Themselves!

6. Nah, gimana dengan Nokia? Apa kita fikir mereka sudah wafat ? Soon as possible, segera mereka jual bisnis handphone itu ke Microsoft. Mereka beralih ke Nokia Network Infrastructure. Boom !Sukses! Survive. Kemarin mereka bahkan sudah beli motorola, Siemens, Alcatel sama Lucent.

7. Ini bukan kali pertama Nokia demikian. Dulu sekali mereka adalah produsen kayu dan hasil hutan. Lalu kertas dan kabel. See? They Transform Themselves!

8. Ohya.Saya dapat cerita juga Ada seorang senior. Ada lulusan hong-kong konsentrasi Micro-Biology. Eh, Pulang-pulang Di rekrut jadi Management Trainee di Citibank. Wah. Karena dia Quick Learner. Malah Mapan berkarir Jadi Banker ! Hehe.

9. Juga Ada yang dulunya insinyur bahkan master komputer. Karena sadar kekuatannya ada di presentasi dan komunikasi, ia beralih jadi trainer di bidang telekomunikasi, terus ganti lagi ke bidang leadership. Hingga akhirnya Human Resources Director.

10. Waw! Hikmahnya? Yaah. kadang kita perlu men-transform diri untuk memastikan kesuksesan di masa depan. Sebab apapun yang kita kerjain sekarang, apapun profesinya, ndak akan terhindar dari kekacauan. Disruption! Gegara kemajuan pesat teknologi informasi. Ingatlah kisah, Blue Bird harus panikan hadapi Go-Jek

11. Dulu kecil kita bilang pengen jadi dokter, tentara, polisi. Sekarang?  ada banyak profesi yang lahir gegara pesatnya internet. Contoh, profesi seperti Contentwriter, blogger, online marketer & Mungkin kakek kita bilang, “Itu apa ya cu ?”

12. Kalo kita ndak bersiap siap-siap, boleh jadi karir kita meniru kodak. Tapi kalo kita bisa baca arah zaman, semoga kita bisa seperti Fuji atau Nokia.

13. So, belajar belajar belajar! Segera re-analisa kekuatan mu, _define your special skills_ yang bisa membantu kamu beradaptasi di area area pekerjaan baru nantinya.vSeperti kata motivator, GO ON! BE BRAVE! keluarlah dari zona nyaman mu! Challange Yourself !

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *