Ini lima Festival Sambut Gerhana Matahari di Indonesia

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) akan menghampiri sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu, 9 Maret 2016. Wilayah-wilayah yang bakal menjadi jalur utama GMT pun siap menyambut fenomena langka tersebut dengan menggelar sejumlah festival budaya.

Seperti 5 wilayah berikut yaitu Ngata Baru (Sulawesi Tengah), Ternate (Maluku Utara), Balikpapan (Kalimantan Timur), Poso (Sulawesi Tengah), dan Mamuju (Sulawesi Barat).

Kelima wilayah yang bakal menjadi jalur utama perlintasan GMT itu akan menggelar festival budaya untuk menyambut gerhana. Festival apa saja? Yuk simak di bawah ini dan jangan lupa catat tanggalnya.

1. Eclipse Festival 2016, Ngata Baru, Sulawesi Tengah

Jadwalkan liburan Anda untuk datang langsung ke Ngata Baru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah pada 7-11 Maret 2016.

Festival ini akan diisi dengan workshop, galeri seni dan zona penyembuhan bagi anak-anak dengan menggunakan obat-obatan tradisional Indonesia.

Sebelum menikmati acara puncak yakni nonton bareng Gerhana Matahari Total, Anda akan dihibur pertunjukan musik yang digelar di 3 panggung sekaligus. Musisi lokal maupun internasional akan bersama-sama bertukar budaya memainkan beragam genre musik untuk meramaikan festival ini.

2. Festival Legu Gam 2016, Ternate, Maluku Utara

Kesultanan Ternate dan Pemerintah Kota Ternate akan menggelar Festival Legu Gam pada 1-14 Maret 2016. Festival budaya tahunan ini akan dilangsungkan bersamaan dengan peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada 9 Maret.

Dalam festival ini masyarakat dan wisatawan dapat menikmati beragam seni dan budaya khas Maluku Utara, termasuk prosesi adat di mana iring-iringan kedaton mengusung sultan bersama permaisuri dari istana hingga ke Lapangan Ngara Lamo.

Festival Legu Gam adalah salah satu perayaan terbesar di Ternate. Festival ini merupakan pesta rakyat sekaligus pembauran antara keluarga kesultanan dan masyarakat dalam merayakan hari kelahiran Sultan Ternate.

3. Pesta Laut 2016, Pantai Manggar Segara Sari, Balikpapan, Kalimantan Timur

Dalam rangka memperingati HUT Kota Balikpapan ke-119 seklaigus menyambut Gerhana Matahari Total (GMT), akan digelar Festival Pesta Laut di Pantai Manggar Segara Sari, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Acara ini akan berlangsung pada 9 Maret 2016. Dalam festival ini, wisatawan akan diajak untuk bersama-sama menyaksikan gerhana sekaligus menikmati sajian kuliner olahan laut serta berbagai lomba dan bazar.

Dalam festival ini akan ada sesi bakar ikan massal yang bakal dihelat begitu gerhana selesai pada pukul 10.00 WITA, diikuti makan siang bersama-sama.

4. Festival Kawaninya, Poso, Sulawesi Tengah

Poso turut menyambut meriah datangnya peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) dengan menggelar Festival Kawaninya untuk menghibur wisatawan lokal dan asing yang hadir.

Festival Kawaninya sendiri berlangsung 8-9 Maret 2016. Selama 2 hari, festival akan diramaikan dengan berbagai jenis tarian dan lagu daerah setempat. Pada 8 Maret malam, masyarakat akan dihibur dengan tontonan situasi luar angkasa yang disajikan oleh para dosen ITB melalui teropong.

5. Festival Matahari Sikammung, Mamuju, Sulawesi Barat

Tak ingin ketinggalan, Sulawesi Barat juga menggelar Festival Matahari Sikammung pada 7-9 Maret guna menyambut gerhana.

Festival ini akan digelar di Anjungan Pantai Manakarra, Kota Mamuju. Dalam Festival Matahari Sikammung akan hadir berbagai stan kerajinan tangan khas Sulbar, makanan tradisional serta demo pembuatannya, lomba permainan nasional, dan turut pula diramaikan oleh kehadiran pelaku seni dari 6 kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.(Dream)

Share

Tia Aklima

BERSYIAR ISLAM MELALUI MEDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *