DAFTAR ULANG PTN, MABA MESTI TAU 7 HAL INI

Dua hari pasca pengumuman SNMPTN para siswa yang sudah dinyatakan lulus akan mulai disibukkan dengan berbagai persiapan sebagai Mahasiswa Baru (MABA). Salah satu kesibukan awal MABA adalah pendaftaran ulang PTN yang dilakukan langsung di PTN tempat MABA dinyatakan lulus.

Nih, 7 tips daftar ulang PTN yang MABA mesti tau.

1. Buka link PTN dimana kamu lulus

Pastikan kamu membaca dengan baik syarat-syarat apa saja yang diperlukan untuk daftar ulang. Kalau perlu nih, dicatat. Lalu diceklis mana yang sudah terpenuhi.

2. Pastikan semua berkas yang kamu upload dan bawa saat daftar ulang lengkap
kelengkapan berkas akan mempercepat kamu dalam mengurus pendaftaran.

3. Mulai hubungi alumni SMA atau kenalannya
Ini poin penting banget guys. Biar kamu tidak bingung sampai di PTN. Apalagi kamu yang berasal dari luar daerah dan tidak tau mau tinggal di mana untuk sementara waktu. Bisa tanya ke alumninya. Banyak lah bertanya kepada senior/alumni. Biar nanti kamu tidak ditipu oleh orang yang berniat jahat.

4. Pastikan berkas yang dibawa diletakkan ditempat yang aman

Ini sering terjadi loh guys. Karena kurang hati-hati tasnya ketinggalan di bus atau dimaling.

5. Perbanyak dzikir
Pendaftaran ulang PTN itu biasanya satu atau dua hari untuk seluruh MABA. Oleh karena itu, antrean panjang akan kamu alami. Apalagi kalau datangnya telat. Macet, panas, antrian panjang. Karena itu perbanyak dzikir. Agar badan tetap kuat dan kegiatan antre jauh lebih berkah.

6. Bawa bekal secukupnya
Antrian panjang akan menyebabkan kamu lelah dan lapar. Berbelanja keluar disaat mengantri sama saja dengan kamu memulai santrian dari awal lagi. Karena itu, bawa bekal secukupnya. Ketika lapar kamu bisa makan tanpa harus keluar dari antrian.

7. PTN tidak pungut biaya mengenai info daftar ulang MABA
jangan sampai tertipu dengan orang-orang yang mengatasnamakan PTN tertentu mengenai informasi untuk MABA. Segala informasi resmi mengenai MABA akan ada dilaman resmi PTN, akun BEM univ/fakultas.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *