Empat Cara Elegan Hadapi Hasil SNMPTN

Hai, kamu pelajar Indonesia!

 

Khususnya bagi yang kelas tiga, nih. Bagaimana perasaannya sekarang? Deg-degan ya menunggu hasil SNMPTN. Belum lagi persiapan untuk UN yang tidak lama lagi. Tenang, semuanya akan terjalani dengan baik.

 

Jalani, hayati, dan ikhlaskan.

 

Tigal hal itu harus kamu punya. Apalagi poin ketiga. Itu penting _banget_. Jangan sampai kamu murung, nangis, apalagi hingga frustasi ketika hasil tidak sesuai dengan keinginanmu. Jangan!

 

Biasanya, setelah hasil SNMPTN keluar, akan banyak siswa yang menangis, tidak mau makan, rasanya hidup telah berakhir, sampai menyalahkan Allah.

Oh, _No!_ itu bukan cara yang elegan _guys._

 

Tidak hanya kamu yang gagal dalam SNMPTN. Bahkan banyak yang pernah gagal hampir diseluruh jalur masuk PTN. Tapi, apa mereka berputus asa? Sebagian mungkin ada. Namun, sebagian lagi malah lebih optimis. Nah, kamu harus jadi bagian yang kedua, yang optimis. Bahwa hidupmu bukan sebatas lulus PTN aja.

 

_So_, berikut cara elegan menghadapi hasil SNMPTN :

 

1. SNMPTN bukan jalur satu-satunya. Jadi, persiapkan dirimu untuk jalur lainnya. Gunakan waktu menunggumu untuk belajar dengan baik.

 

2. Cepat bangkit. Yakin lah, bukan kamu satu-satunya yang tidak lulus. Masih banyak yang lain. Jadi, tidak ada gunanya jatuh dalam kesedihan mendalam.

 

3. Dekati Sang Pemilik Takdir. Poin ini yang penting. Terkadang kita merasa sudah hebat dan berfikir takdir akan selalu berpihak pada kita. Sehingga kita lupa untuk mendekati Sang Pemilik Takdir itu sendiri. Jangan menjadi manusia yang sombong _guys_. Sehebat apapun kita jika Sang Maha Hebat sudah berkehendak, tidak ada yang bisa menolaknya.

 

“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia”. (QS Yasin ayat 82).

 

4. Harus bersyukur apapun hasilnya nanti. Berarti itu yang terbaik untukmu. Akan ada rahasia indah dibalik hasil yang kamu dapat.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *