Manfaat Puasa Syawal Bagi Kesehatan

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh,” (HR. Muslim).

Sungguh beruntung sekali jika kita dapat melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal. Ini sungguh keutamaan yang luar biasa. Marilah kita melaksanakan puasa tersebut demi mengharapkan rahmat dan ampunan Allah. Namun, yang harus kita perhatikan adalah lebih baik bagi seseorang yang masih memiliki qodho’ (tanggungan) puasa Ramadhan untuk menunaikannya daripada melakukan puasa Syawal. Karena tentu saja perkara yang wajib haruslah lebih diutamakan daripada perkara yang sunnah.

Ada banyak manfaat dari puasa enam hari di bulan syawal. Namun tahukah kamu bahwa puasa syawal juga mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan? Sebagaimana kita ketahui, selama sebulan penuh kita melakukan puasa wajib. Saat lebaran datang, kita diharamkan berpuasa. Pada momen lebaran, biasanya kita memiliki kecenderungan untuk menyantap makanan yang ada tanpa memperhatikan asupannya. Akibatnya, pola makan yang berubah menyebabkan sistem pencernaan kita menjadi ‘shock’. Nah, puasa syawal bisa dilakukan dalam masa transisi ini.

Dengan melakukan puasa syawal, sistem pencernaan tubuh kita bisa melakukan adaptasi sehingga tidak mengalami ‘shock’ diakibatkan asupan makanan yang merangsek masuk secara tiba-tiba dalam jumlah yang besar. Bagaimana sobat? Sudahkah kamu menjalani puasa di syawal ini?

Share

ASSALAM Sumatera Barat

Asosiasi Pelajar Islam (ASSALAM) Sumatera Barat. Bersatu Menjalin Ukhuwah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *