Menjadi Tua Itu Pilihan

Tua itu memang sebuah keputusan, garis takdir yang tidak mungkin dapat kita hindari sebagaimana tercantum dalam Al-quran “Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah yang Maha mengetahui lagi Maha Kuasa” (Q.S :30: 54). Tapi menjadi tua adalah pilihan. Pilihan seperti apa? Ya,..pilihan untuk menjadi tua seperti apa! Tua renta yang tidak bisa berbuat apa-apa atau si tua berguna yang bisa bernafas lega melihat generasi penerusnya.

Begitulah, konsep tua yang seharusnya sudah ada di pikiran anak muda yang kelak pasti merasakan usia tua (uppss..ya jika berumur panjang). Tua bukan berarti kehilangan segala-galanya, tua bukan berarti kesusahan karna selalu bergantung pada orang lain. Kita boleh menjadi tua tapi tidak dengan pikiran dan karya-karya kita yang sudah matang. Sebab  tidak ada istilah “tua untuk belajar”, “tua untuk berubah,” tua untuk memulai tapi yang ada hanya tua secara fisik.

Allah telah mengkaruniakan begitu banyak kesempatan sebelum kita menjadi tua, jika yang dianggap tua adalah di atas umur 40 an maka tua hanyalah 1/3 dari usia 60 an. Tidak ada alasan sebenarnya untuk mengeluh di usia tua, oleh karena itu kita perlu mempersiapkan masa tua dengan sebaik-baiknya. Menjadi tua dalam arti yang sesungguhnya,..tua seperti konsep buah berarti sesuatu yang telah di anggap matang dan siap untuk di panen. Tua dalam kematangan ilmunya, tua dalam pengalaman hidupnya, dan siap untuk dipanen oleh generasi-generasi muda dengan ilmu, karya, pemikiran dan sejarah hidupnya.

Bagi kamu yang merasa masih remaja bersiap menjadi tua ya, eits..jangan lupa berdo’a di bulan berkah ini semoga dikaruniakan usia tua yang berkah dan bermanfaat sebagaimana Rasulullah berdo’a agar dijauhkan dari masa tua yang jelek.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *