Menuju Penghujung Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah mencapai pertengahan usianya. Hari-hari penuh berkah dan perlipatan pahalan terus berlalu. Tak lama lagi Ramadhan akan pergi dan menghantarkan kita pada Idul Fitri. Lalu apa yang terpikirkan di benak kita, apakah memaksimalkan Ramadhan yang tersisa atau memikirkan berbagai kemeriahan Idul Fitri?

Idul Fitri adalah hari kemenangan yang dihadiakan Allah bagi para pemenang yang bisa melewati perjuangan di bulan Ramadhan. Ya, hanya bagi para pemenang. Maka seharusnya kita tak perlu terlalu disibukkan dengan kemeriahan yang akan kita hadirkan pada Idul Fitri nanti. Kita tak perlu pusing  dengan pakaian baru yang hendak dikenakan saat sholat Id. Kita tak perlu digaduhkan oleh berbagai menu saat para tamu bersilaturrahim ke rumah. Kita tak perlu kewalahan memikirkan warna apa yang cocok untuk cat rumah tahun ini. Karena bukan itu yang seharusnya kita kejar. Semua hanya atribut kosong jika kita tak dapat meraih kemenangan yang sesungguhnya.

Dalam sebuah pertandingan pasti ada garis finish. Tapi seorang atlit atau pembalap takkan pernah mencapai penghujung pertandingan dengan sempurna, jika ia tidak mengusahakan dengan maksimal perjuangannya selama menuju finish. Seperti itu juga kita dalam memaknai Ramadhan dan Idul Fitri. Tugas kita sekarang, di Ramadhan yang tersisa adalah memborong sebanyaknya peluang-peluang amalan ibadah. Kita genggam semua kesempatan meraih pahala. Tidakkan mengiurkan bagi kita janji pahala yang berlipat tiada tara dari Allah? Kita sering tergiurkan dengan berlipat diskon atau bonus saat berbelanja. Lalu terhadap pahala dari Allah bagaimana?

Mari buka kembali buku agenda kita. Bukan, bukan untuk melihat list jadwal buka bersama. Tapi mari perhatikan lagi targetan tilawah, qiyamulail, sholat sunat, infak dan lain sebagainya. Apakah sudah mencapai targetan? Ataukah kita belum membuat targetan dari awal? Masih ada waktu. Masih ada peluang lailatul qadr. Mari kita kejar dengan kekuatan penuh.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *