Motivasi Beramal

Semua orang ingin mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Bahagia adalah buah dari skeridhaan Allah. Namun sebelum memetik buah atau hasil kebahagiaan tersebut orang harus mulai menanam. Tanaman itu merupakan tanaman amal kebaikan. Tanaman yang baik akan menghasilkan buah yang baik. Tanaman yang memiliki akar  yang kuat maka akan membuat tanaman lebih subur.

Semua petani amal dapat memetik buah yang sama yaitu seperti setiap akhir bulan orang mendapatkan gaji. Jika kita lihat motif mengapa seseorang mau bekerja dan berusaha untuk mendapatkan gaji pasti beragam. Motif mereka antara lain seperti untuk mencari makan semata atau karena ingin membeli gadget baru, atau untuk memuaskan keinginannya berfoya-foya. Namun ada juga yang memiliki motivasi karena rasa tanggung jawab sebagai kepala keluarga yang diperintahkan oleh agama.

Dalam kondisi cuaca yang baik pohon yang tidak memiliki akar yang kuat pun akan tetap tumbuh dengan baik. Namun jika dalam kondisi cuaca yang buruk dimana  banyak angin dan badai, maka hanya pohon yang akarnya kuat sajalah yang akan mampu bertahan.

Semakin kuat motivasi seseorang dalam bekerja, maka bagaikan pohon yang kokoh akarnya. Akar pohon atau motivasi dalam amal tidaklah terlihat, namun kita dapat menerka niat dengan melihat kondisi pohon atau amal tersebut. Pohon yang akarnya kuat tidak akan mudah tercabut akarnya jika ada angin badai kencang. Biasanya hanya mengalami patah ranting/dahan saja.

Dalam kondisi yang sangat sulit jika kita masih mampu bekerja dan melakukan amal kebaikan itu menunjukan kekuatan dan kekokohan niat kita. Pada umumnya jika kita kurang niat dan prinsip untuk beramal, dalam kondisi sulit kita cenderung menunggu dan pasif. Maka oleh karena itu, mari kita kuatkan niat untuk mencari ridha Allah.

Ketahuilah bahwa sebatang pohon tidak begitu saja tiba-tiba kuat akarnya. Ia melalui suatu proses untuk bisa memiliki akar yang kuat dan kokoh. Sebatang pohon harus berusaha sendiri mendapatkan nutrisi dari dalam tanah dan dibantu oleh cahaya matahari sebagai fungsi kontrolnya.

Share

ASSALAM Sumatera Barat

Asosiasi Pelajar Islam (ASSALAM) Sumatera Barat. Bersatu Menjalin Ukhuwah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *