Oleh-oleh Ramadhan

akhir ramadhan

Baru kemarin rasanya euforia “marhaban ya ramadhan”, belajar tentang keutamaan bulan ramadhan, sibuk-sibuk persiapan ramadhan, kini  ramadhan telah berlalu. Ramadhan laksana tamu spesial yang kedatangannya di tunggu dan kepergiannya menyisakan pilu. Ibarat tamu yang kita tunggu-tunggu kita juga berharap ada sesuatu spesial yang kita dapatkan dari tamu istimewa tersebut. 30 hari tamu ini telah membersamai, sudahkah kemarin kita menyuguhkan semua suguhan spesial yang kita miliki? Sudahkan mendapatkan apa yang kita inginkan dari tamu spesial ini? Sejenak kita lihat bagaimana para sahabat memperlakukan tamu istimewa ini (checkidot)

            Saking cinta dan rindunya, ramadhan selalu menghiasa hati mereka“mereka merasakan suasana ramadhan hingga 6 bulan setelah ramadhan lalu mereka habiskan 6 sebelum ramadhan untuk mempersiapkan kedatangan ramdhan”. Ya Rabb begitu indahnya hingga seakan-akan mereka bersama ramadhan sepanjang tahun.

Apa sebenarnya oleh-oleh yang didapatkan oleh para sahabat hingga sebegitunya. Oleh-oleh spesial itu adalah “istiqamah”.

Sabar untuk senantiasa istiqamah melaksanakan apa-apa yang telah mereka laksanakan selama ramadhan dan istiqamah untuk senantiasa bersabar dalam mengerjakan amalan-amalan tersebut.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda “Allah lebih mencintai amalan yang sedikit tapi dilakukan terus menerus dibanding amalan yang kuantitasnya besar tapi hanya sekali saja”

Jika selama ramadhan terbiasa sedekah goceng sehari maka di syawal tentu juga ringan tangan dengan jumlah yang sama, jika saat ramadhan biasa tahajud minimal 8 rakaat setiap malamnya maka tentu tidak lagi berat menunaikan minimal 2 rakaat di tengah malam, jika ramadhan terbiasa sabar dan membantu orang-orang yang susah maka lakukan terus dan terus jangan pernah bosan. Syawal juga berarti peningkatan, artinya kita mesti bisa lebih baik. Semoga oleh-oleh ini bisa membuat kita bahagia di dunia dan akhirat.

(Husniwati)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *