Pendidikan Jaman Now

Pada zaman Rasulullah sudah ada cara-cara Transfer of Knowlage. Mulai dari halaqoh, shufah, dan lainnya.
.
Yang menjadi pendidikannya langsung Rasulullah, sedangkan yang menjadi peserta didiknya adalah para sahabat, seperti Abu Bakar, Umar, utsman, Ali dan lain-lain.
.
Dari pengajaran Rasulullah, lahirkan orang-orang cerdas secara intelektual dan spiritual, dua komponen utama manusia di penuhi akal dan hati.
.
Begitulah cara Transfer of Knowledge dari seorang Rasulullah. Yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah cara Rasulullah ini masih di terapkan di Pendidikan Jaman Now?
.
Untuk menjawab pertanyaan ini tidak bisa bualan belaka, kita sudah mendengar bagaimana gambaran dunia pendidikan sekarang ini.
.
Banyak terjadi kekerasan di lingkuangan pendidikan, bullying, kasus seksual, dan sebagainya. Itulah gambaran umum, wajah dari dunia pendidikan Jaman now.
.
Belum lagi fenomena mencontek, fenomena copy paste, dan lainya. Efek dari penyimpangan ini adalah semakin buruknya kualitas belajar, dan ilmu yang di ajarkan tidak masuk secara maksimal.
.
Proses pendidikan hanya menjadi seremonial belaka, ada pendidik dan peserta didik sudah, apakah Transfer of Knowledge nya maksimal jarang yang peduli.
.
Apakah, pendidikan itu ajang untuk memperoleh strata sosial? Agar di anggap dalam barisan intelektual? Atau bagi pendidik sebagai mata pencarian, untuk memenihi kebutuhan hidup?
.
Jika itu motif dari Peserta didik dan Pendidik, hasrat tersebut sudah terpenuhi. Tapi apakah itu tujuan pendidikan? Bukankah tujuan pendidikan adalah Transfer of Knowledge?
.
Ada sebuah gelas kosong, lalu isi air. Lalu berikan kepada A, lalu A hilang dahaganya. Atau ada sebuah gelas retak, lalu di isikan juga air, namun air tidak pernah penuh, tapi tetap juga berikan kepada A, lalu si A bertanya, mana airnya? Ternyata airnya habis sebelum sampai di tangan A.
.
Pertanyaannya, apakah kita akan menjadi gelas retak, ketika awal kosong dan akhir tetap kosong, atau menjadi gelas kosong, ketika di akhir berisi air.
.
Jadi kita yang akan menentukan apakah pendidikan Jaman Now itu akan seperti gelas yang berisi air? atau gelas kosong? Apakah pendidikan hanya sekedar ceremonial atau Transfer of Knowledge?, apakah pendidikan supaya di anggap orang Intelektual?, atau benar ajang menimba ilmu?
.
Jawabannya masing-masing, karena individu adalah unit terkecil dalam strata sosial.

Oleh Rian Rendi, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, UIN Imam Bonjol Padang.

Share

Tia Aklima

BERSYIAR ISLAM MELALUI MEDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *