Rohis Cinta Tanah Air

Asmed – Rohis begitulah organisasi itu disebut. Rohis adalah singkatan dari Rohani Islam yang merupakan sebuah ektrakurikuler atau organisasi pelajar. Rohis banyak digandrungi pelajar karena kegiatan-kegiatan rohis yang terbukti positif dan bersifat keagamaan yang mampu melahirkan pemuda-pemudi yang religius.

Rohis merupakan organisasi yang tidak hanya ada di sekolah yang berbasis agama seperti pondok pesantren, madrasah, sekolah islam terpadu, dan lain-lain, tetapi rohis juga ada di sekolah-sekolah umum. Bahkan rohis jauh lebih banyak berada di sekolah umum ketimbang sekolah agama .hal ini dikarenakan pelajaran agama di sekolah umum lebih sedikit. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perkumpulan yang menaungi para pelajar dalam memperdalam ilmu agamanya yaitu dengan mengikuti extrakurikuler rohis.

Dalam pembentukan mental, Rohis berperan penting dalam pemecahan suatu masalah baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah, di mana dalam kegiatan organisasi ini siswa dapat menanggulangi masalah-masalah pelajar hari ini yang perilakunya jauh dari syariat islam. Selain itu juga, kegiatan ini dapat menggerakan pelajar menjalin Ukhuwah Islamiah untuk menjadi generasi bangsa indonesia yang kuat. Sehingga melahirkan pelajar-pelajar mandiri, cerdas dan berprestasi.

Kegiatan Rohis tidak hanya mengenai keagamaan saja, tetapi ada juga kegiatan berupa Training (pembinaan), seminar, aksi kemanusiaan, sosial dan lainnya. Naah salah satu kegiatan Rohis juga memperingati HUT RI, bentuk kegiatannya bisa berupa lomba foto kemerdekaan ataupun lomba menulis, tergantung kreatifitas dari amsing-masing Rohis yang ada di sekolah.

Cinta tanah air adalah cinta kepada Negara tempat kita dilahirkan, dibesarkan dan memperoleh kehidupan di dalamnya. Karena dari Negara tersebut semua yang kita butuhkan akan kita dapatkan. Cinta tanah air adalah sama saja rela berkorban demi kepentingan Negara. Memajukan kehidupan bangsa, mencerdaskan diri demi ikut berpartisipasi dalam rangka proses pembangunan tanah air atau negaranya dari Negara yang kecil, berkembang sampai menjadi Negara yang maju. Menghayati arti dari cinta tanah air memanglah bukan masalah yang mudah, perlu kesabaran dan kerendahan hati untuk menjalankan hal tersebut, dikarenakan banyak ancaman dan tantangan yang dapat datang dari mana saja, baik itu dalam diri kita maupun dari luar diri kita, baik itu datang dari dalam negri maupun datang dari luar negri, tetapi asal kita mempunyai tekad yang kuat untuk mencintai tanah air kita tanah air Indonesia dengan sepenuh hati, pastilah kita akan di mudahkan oleh yang Maha Kuasa dalam segala halnya terutama dalam tindakan yang positif. Perlu diingat bahwa mencintai dan menjaga tanah air Indonesia negaranya sendiri dengan sepenuh hati adalah bentuk perbuatan yang merupakan bagian dari iman.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *