Sering Merasa Lelah beribadah? Kamu bakal nangis baca ini

“Izinkan kami,” kata Ibnu ‘Umar dari balik hijab, “berada di sini sejenak. Dan ceritakanlah kepada kami perkara paling memesona dari semua yang pernah engkau saksikan pada diri Nabi ﷺ .”

‘Aisyah menarik nafas panjang. Kemudian dengan terisak menahan tangis, ia bersuara lirih, “Kaana kullu amrihi ‘ajabaa. Adalah semua perilakunya menakjubkan.”

Diselai kesenyapan, masih dengan suara lirih, ‘Aisyah bercerita, “Suatu malam ketika beliau ﷺ tidur bersamaku dan kulitnya sudah bersentuhan dengan kulitku, beliau ﷺ berkata, ‘Wahai ‘Aisyah, apakah kau ridha jika malam ini kugunakan untuk beribadah kepada Rabbku?’ Aku berkata, ‘Sesungguhnya aku senang merapat denganmu Ya Rasulallah, tetapi aku juga suka seandainya engkau beribadah kepada Rabbmu.’

Beliau ﷺ pun bangkit mengambil bejana air lalu berwudhu. Ketika berdiri shalat kudengar beliau ﷺ terisak-isak menangis hingga air matanya membahasi jenggot. Beliau ﷺ lalu bersujud dan menangis hingga lantai pun basah oleh air mata. Beliau ﷺ lalu berbaring dan menangis hingga datanglah Bilal untuk memberitahukan datangnya waktu subuh.”
__________
Ada tugas agung yang tak boleh terlalaikan di dalam diri tiap-tiap kita. Itulah ibadah. Sesuatu yang membuat Rasulullah ﷺ kemudian menghenyak, tiba-tiba memutus kerapatan mesra dengan istrinya.

“Wahai Rasulullah, bukankah engkau, telah diampuni-Nya apa yang telah, sedang, dan akan engkau lakukan?” tanya Aisyah di kesempatan lain.

Dan apa jawab beliau ﷺ , “Tiada pantaskah jika aku menjadi seorang hamba yang bersyukur?”

Ya. Shadaqta, ya Rasulullah, tiada pantaskah kami menjadi hamba yang bersyukur? Dan lebih dari itu, bukankah kami belum dijamin ampunan dan keridhaan sebagaimana engkau, sebagaimana juga sahabat-sahabatmu?

Dan sebagaimana ‘Aisyah takjub, kamipun takjub. Betapa lembut akhlaqmu pada keluarga. Hingga untuk beribadah pun kau minta izin pada istri tercinta. Hingga waktu untuk bertahajjudpun kau minta kerelaan kekasih tersayang. Ya Rasulallah, di manakah kami? Yang kadang pergi tanpa izin untuk urusan yang tak berarti?

Penulis : Salim A.fillah

Sumber : salimafillah.com

Share

Annisa Khairani

Mahasiswi Psikologi Universitas Andalas

2 tanggapan untuk “Sering Merasa Lelah beribadah? Kamu bakal nangis baca ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *