Tidak Lulus SNMPTN! Wajib Bersyukur

Pada Hari Selasa, 17 April 2018 telah diumumkan hasil kelulusan SNMPTN. Dari 500ribu lebih siswa yang mendaftar hanya 110.946 siswa yang dinyatakan lulus di 85 PTN di Indonesia. Berarti masih ada sisa sekitar 400 yang akan bertarung dalam jaur SBMPTN nanti. Tidak usah bersedih bagi yang tidak lulus, seharusnya bersyukur. Sebagian orang berpikir yang benar saja, kita tidak lulus malah disuruh wajib bersyukur.
Ada tiga alasan kenapa kamu wajib bersyukur atas ketidaklulusanmu.
1. Allah cemburu padamu
Yupz, tidak lulus bukan berarti Allah tidak sayang kamu, tapi bisa jadi Allah cemburu. Dia masih ingin kamu menangis penuh harap dan berdoa padanya di malam yang sunyi dan dingin. Namun mampu menyejukkan hati. Karena itu kamu harus bersyukur, Allah masih sayang, malah cemburu lagi sama dirimu.

2. Kamu Masih Ada Kesempatan untuk Merenung Ulang Tentang PTN ataupun jurusan yang akan dimasuki.
Biasanya tidak semua yang lulus di SNMPTN mendaftar ulang. Alasannya karena tidak lulus di pilihan yang benar-benar mereka inginkan. Kamu yang tidak lulus pasti kesal mendengarnya. Karena mereka terkesan tidak bersyukur. Nah, coba dibalikkan ke dirimu sendiri. Kalau kamu diposisi mereka apakah ada niat mengulang di SBMPTN lagi. Kalau ada, berarti kamu memang wajib bersyukur tidak lulus. Karena dengan kamu lulus dan tidak mengambil kesempatan itu, maka kamu telah mendzalimi saudaramu sendiri dengan mengambil posisi yang mungkin saja mereka bisa lulus disana kalau kamu tidak ikut mendaftar.

3. Diberinya kesempatan berjuang bersama untuk yang kedua kalinya.

“Kesempatan tidak akan datang dua kali” kata-kata yang sering muncul kalau sudah berbicara peluang/kesempatan. Kata-kata itu tidak sepenuhnya salah. SNMPTN memang hanya bisa dikuti satu kali. Tapi masuk jalur universitas bukan hanya dengan jalur yang itu saja. Bisa dengan SBMPTN, Mandiri, dan beberapa tes lainnya. Lebih dari satu kesempatan untuk masuk PTN.

So, nggak usah nangis sampai nggak makan guys. Ayo bangkit, kesempatan masih ada. Sedih boleh tapi berlama-lama dalam kesedihan tanpa mau berubah itu sia-sia.

Salam dariku mantan pejuang SBMPTN.
Perjuangan akan selalu terasa manis apabila telah berhasil dilewati. Semangat.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *